2012, Jaksa Nakal Masih Bergentayangan

Komjak Dorong JAM Was Pidanakan Mantan Kajari Takalar

2012, Jaksa Nakal Masih Bergentayangan
2012, Jaksa Nakal Masih Bergentayangan
JAKARTA - Banyaknya kasus para jaksa nakal pada 2011 rupanya tak membuat kapok. Baru sebulan melewati tahun baru, jaksa nakal sudah buka praktek. Komisi Kejaksaan (Komjak) mencatat sejumlah laporan pelanggaran yang akan diteruskan ke Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) Marwan Effendy.

"Sudah banyak sekali laporan yang masuk," kata Ketua Komjak Halius Hosein usai Kongres Keluarga Besar Purna Adhyaksa di Pusdiklat Kejaksaan, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (1/2).

    

Modusnya, kata Halius, mulai dari pemerasan, tawar-menawar pasal yang dikenakan, hingga mengancam menjerat sebagai tersangka jika tidak menyerahkan sejumlah uang. "Ada banyak, tapi belum kami hitung. Trennya masih akan naik tahun ini. Masyarakat harus waspada," katanya.

Sayangnya, kata Halius, beberapa kasus jaksa nakal tidak bisa diteruskan ke ranah pidana. Paling mentok, hanya sanksi disiplin atau pencopotan jabatan struktural. Yang paling mencolok adalah kasus pemerasan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Takalar Rakhmat Harianto terhadap Rommy Hartono.

JAKARTA - Banyaknya kasus para jaksa nakal pada 2011 rupanya tak membuat kapok. Baru sebulan melewati tahun baru, jaksa nakal sudah buka praktek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News