2013, Kemenakertrans Targetkan Tarik 11.000 Pekerja Anak

2013, Kemenakertrans Targetkan Tarik 11.000 Pekerja Anak
2013, Kemenakertrans Targetkan Tarik 11.000 Pekerja Anak
JAKARTA - Jumlah pekerja anak di tanah air masih menunjukkan angka yang signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pekerja anak masih mencapai 1,7 juta jiwa. Pemerintah dalam hal ini Kemenakertrans berniat meningkatkan target penarikan pekerja anak untuk dikembalikan ke lingkungan pendidikan. Tahun ini, pemerintah menargetkan menarik 10.750 pekerja anak.

"Tahun 2013, akan kita tingkatkan menjadi  11 ribu pekerja anak," jelas Menakertrans Muhaimin Iskandar, kemarin (17/9).

Muhaimin memaparkan, pada tahun 2012 pemerintah ditargetkan "menarik 10.750"pekerja"anak yang berada"di 84 Kabupaten/Kota pada 21 Provinsi untuk kembali ke pendidikan. Provinsi yang terlibat dalam penarikan pekerja anak pada tahun ini, yakni Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta, Gorontalo, Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bengkulu, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah dan Aceh.  Sementara untuk tahun 2013, penarikan pekerja anak akan dilakukan di 21 provinsi dan 72 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Politikus PKB tersebut menuturkan, upaya penarikan pekerja anak tersebut merupakan Program Keluarga Harapan (PPA-PKH). Program tersebut memang menyasar anak-anak bekerja dan putus sekolah yang berasal dari kalangan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Sejak program tersebut dilakukan pada periode tahun 2008 sampai 2011, pemerintah telah berhasil menarik 11.305 pekerja anak untuk dikembalikan ke lingkungan pendidikan. 

JAKARTA - Jumlah pekerja anak di tanah air masih menunjukkan angka yang signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pekerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News