2015, Seluruh Guru Minimal Lulus D4

2015, Seluruh Guru Minimal Lulus D4
2015, Seluruh Guru Minimal Lulus D4
JAKARTA -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh meminta kepada seluruh  perguruan tinggi untuk  meningkatkan kualifikasi dosen hingga ke jenjang S-3 atau doktor. Menurutnya, tuntutan peningkatan kualifikasi ini bertujuan agar Indonesia dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

"Perguruan tinggi kuncinya ada di dosen. Meski fasilitasnya lengkap, gedungnya bagus namun bila dosennya kurang berkualitas maka akan mengurangi mutu perguruan tinggi tersebut," kata Mendiknas saat acara peresmian Universitas Bakrie di Jakarta, Senin (9/8).

Mendiknas menyebutkan, dari jumlah total 270.000 dosen, hanya ada sebanyak  23.000 dosen berkualifikasi doktor. “Jumlah itu sangat kecil sekali, mengingat jumlah mahasiswa saat ini sudah hampir mencapai 5 juta orang,” tukas Mendiknas.

Dengan begitu, lanjut Mendiknas, Kementerian  akan   berupaya menambah jumlah dosen yang berpendidikan S-3 untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Sekarang hanya program Kementerian yang diterapkan ke seluruh perguruan tinggi itu yang mampu untuk mempercepat populasi S3 ini. Namun, kita juga harap universitas memberikan ijin bagi dosennya untuk terus melanjutkan pendidikan mereka,” ujarnya.

JAKARTA -- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh meminta kepada seluruh  perguruan tinggi untuk  meningkatkan kualifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News