2018, Pelabuhan Nabire Segera Dibangun

2018, Pelabuhan Nabire Segera Dibangun
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Papua Lukas Enembe saat meninjau Pelabuhan Nabire, Kamis (21/12). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, NABIRE - Pelabuhan Nabire pada 2018 akan segera dibangun dan dikerjasamakan dengan pihak swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan nantinya Pelabuhan Nabire bisa menjadi hub dari enam kabupaten yang ada di Nabire.

“Bersamaan dengan itu ada perusahaan swasta yang tertarik untuk invest di situ,” kata Budi usai meninjau Pelabuhan Nabire beberapa hari lalu.

Dijelaskan Budi saat ini sudah ada perusahaan swasta yang berminat berinvestasi dan akan mengoperasikan kapal ro-ro di Pelabuhan Nabire.

Di samping itu, Kemenhub akan tetap melakukan seleksi perusahaan swasta yang akan berinvestasi tersebut.

Terkait rencana itu mantan dirut AP II ini meminta dalam waktu dekat sudah ada penentuan pemenang tender.

“Saya minta tiga bulan sudah ada penentuan pemenang, bangun paling enam bulan desain sudah kami siapkan, jadi selesai tender langsung jalan,” pinta Budi.

Selain itu, dia juga meminta agar fungsi dermaga Pelabuhan Nabire tidak hanya untuk dermaga kapal ro-ro saja, namun juga dibangun agar bisa berfungsi sebagai dermaga penumpang dengan ditambah fasilitas crane untuk kapal barang.(chi/jpnn)


Saat ini sudah ada perusahaan swasta yang berminat berinvestasi dan akan mengoperasikan kapal ro-ro di Pelabuhan Nabire.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News