25 Tahun Menjejaki Dunia Birokrasi, Ini Pesan Syahrul untuk Para Bupati

25 Tahun Menjejaki Dunia Birokrasi, Ini Pesan Syahrul untuk Para Bupati
Syahrul Yasin Limpo. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menceritakan pengalaman pribadinya selama menjejaki dunia birokrasi lebih dari 25 tahun.

Menurut Syahrul, salah satu kunci sukses dalam berkarir adalah menjaga sektor pertanian agar tetap tumbuh meskipun terjadi goncangan ekonomi di berbagai belahan dunia.

"Saya pernah jadi kepala desa Pak, Bu. Pernah jadi camat, bupati sampai jadi gubernur. Saya juga mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono). Percayalah semua prestasi saya itu didapat karena saya menjaga sektor pertanian," kata Syahrul kepada para Bupati dalam pengukuhan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Nusa Dua Convention Center Bali, Sabtu (19/6).

Mantan Gubernur Sulsel itu mengatakan, semua prestasi dalam meniti karir di pemerintahan bisa didapat dengan mudah bila seorang kepala daerah atau seorang pemimpin wilayah mampu menunjukan keseriusanya terhadap pembangunan dan pengembangan sektor pertanian.

"Bupati itu awal yang sangat bagus. Kalian tinggal jaga saja sektor pertaniannya. Saya mau bilang pertanian itu tidak pernah mengingkari janji kalau kamu sukses ukurannya adalah pertanian," ujar Syahru.

Syahrul menambahkan, seorang bupati yang baik harus bisa menembus langit dan melanjutkan karirnya sampai puncak tertinggi.

Dia juga menyebut, seorang bupati harus memiliki cita-cita yang pasti dan menjamin kebutuhan rakyat terpenuhi.

"Kamu kemana besok pasti Tuhan membayar keringatmu. Tuhan pasti membayar ketulusan dan Tuhan pasti membayar apa yang kamu lakukan. Kalian harus menembus langit dan melawan setiap tantangan yang dihadapi," katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menceritakan pengalaman pribadinya selama menjejaki dunia birokrasi lebih dari 25 tahun