29 Warga Bali Kena Tipu di Turki, Gubernur Koster Sampai Turun Tangan

29 Warga Bali Kena Tipu di Turki, Gubernur Koster Sampai Turun Tangan
Penanganan WNI korban penipuan asal Bali oleh perwakilan RI di Turki. Foto: Antara / Dokumentasi KBRI Ankara

jpnn.com, ISTANBUL - Kasus 29 WNI asal Bali yang dilaporkan menjadi korban penipuan dan telantar di Istanbul sudah ditangani Perwakilan RI di Turki sejak Februari 2022.

"Gubernur Bali Wayan Koster, telah berkomunikasi langsung dengan Menlu Retno terkait kasus ini. Ini sepenuhnya kasus penipuan dan penempatan tenaga kerja Indonesia nonprosedural dengan indikasi kuat tindak pidana perdagangan orang. Kita akan fokus memberikan perlindungan korban dan memidanakan pelaku, baik yang tinggal di Bali maupun di Turki," ujar Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangan tertulis KBRI Ankara yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dari 29 WNI tersebut, lanjut dia, 5 orang sudah kembali ke Bali.

Sebanyak 16 WNI dievakuasi oleh KJRI Istanbul dari penampungan ilegal ke penampungan sementara KJRI Istanbul dan 8 orang lainnya tersebar dan bekerja secara ilegal di sejumlah kota di Turki, kata dia.

Dubes Iqbal mengatakan 29 WNI tersebut diberangkatkan secara ilegal oleh jaringan WNI perorangan.

"Satu orang tinggal di Istanbul dan beberapa lainnya tinggal di Bali," imbuh Dubes Iqbal.

Berdasarkan informasi, lanjut dia, para WNI tersebut dijanjikan bekerja di Turki dengan gaji besar secara legal dan diberikan tempat tinggal yang layak.

Untuk itu para korban membayar dalam jumlah bervariasi dengan rata-rata pembayaran Rp25 juta dan paling banyak mencapai Rp40 juta.

Kasus 29 WNI asal Bali yang dilaporkan menjadi korban penipuan dan telantar di Istanbul sudah ditangani Perwakilan RI di Turki

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News