3 Cara Cegah Bau Tak Sedap Muncul Saat Menstruasi

3 Cara Cegah Bau Tak Sedap Muncul Saat Menstruasi
Ilustrasi. MS V. Foto Women Health

jpnn.com - Menstruasi merupakan salah satu siklus kewanitaan yang pasti dialami oleh setiap wanita ketika sudah memasuki masa pubertas. Ada banyak hal yang mungkin terjadi ketika Anda mengalaminya.

Salah satunya adalah vagina yang berbau tidak sedap terlebih lagi saat menstruasi. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa terdapat bakteri yang memang keberadaannya normal di vagina. Bakteri dan cairan di vagina ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH. Bakteri inilah yang juga turut menjadi penyebab munculnya bau unik dari vagina.

Selain itu, adanya infeksi jamur juga bisa jadi penyebab lainnya vagina Anda menimbulkan aroma tidak sedap.

“Vagina berbau tidak sedap juga bisa disebabkan adanya infeksi jamur pada organ intim. Berbeda dengan penyakit menular seksual, infeksi jamur pada vagina biasanya akan menimbulkan bau menyengat yang disertai dengan rasa gatal yang berlebihan,” tambah dr. Sepriani.

Untuk mencegah kedua kondisi di atas, Anda diminta untuk rajin menjaga kebersihan vagina setiap harinya, khususnya saat sedang menstruasi.

Cegah aroma tidak sedap muncul saat menstruasi juga bisa dilakukan dari dalam tubuh, yakni dengan mengonsumsi makanan yang tidak memiliki aroma menyengat dan perbanyak minum air putih.

Jika aroma tidak sedap saat menstruasi masih muncul, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan perawatan untuk mengatasi masalah ini.(AYU/RPA/klikdokter)

Bau tak sedap saat menstruasi pastinya membuat Anda tidak percaya diri. Cari tahu cara pencegahannya berikut ini.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News