3 Foto Gaya Panas Brigadir RS, Ada 1 Janggal

3 Foto Gaya Panas Brigadir RS, Ada 1 Janggal
Tiga foto bergaya panas mirip Brigadir RS. Foto: Ist/Radar Lampung/JPNN.com

jpnn.com - BANDARLAMPUNG - Satu dari tiga foto bugil polisi wanita yang juga Sekretaris Pribadi Kapolda Lampung, Brigpol RS, dinilai janggal.

Foto tersebut tidak seperti dua foto lainnya yang dapat dikatakan hampir mendekati keasliannya. Dua akademisi dari Universitas Lampung, Ratna dan Gigih, mengatakan bahwa mereka tidak dapat menganalisis tiga foto yang beredar itu secara ilmiah.

Alasannya, foto tersebut sudah diunggah ke website (Facebook, Red) sehingga size-nya telah ter-compress. Dengan size yang kecil, kemudian metadata yang tak dapat diketahui dengan jelas, agak sulit untuk menjabarkannya secara keilmuan.

’’Jika file foto ini didapat langsung dari alat yang digunakan untuk memotretnya, maka akan jelas metadatanya. Kemudian menganalisisnya pun bisa lebih mudah, bahkan titik per titik bagian tubuh. Jika ada editan berupa sambungan, akan terlihat jelas,” papar Ratna kepada Radar Lampung (JPNN Group), Rabu (30/10).

Karena itu, pihaknya hanya dapat melakukan penilaian subjektif. Yakni dari posisi objek, pencahayaan, bentuk tubuh, serta konsistensi gambar secara umum. ’’Dari penilaian itu disimpulkan, dua foto mendekati keasliannya dan satu foto terlihat janggal,” katanya diamini Gigih.

Foto pertama, yakni foto RS dengan pose tengah terbaring di tempat tidur dengan memegang payudara sebelah kirinya, juga dinyatakan Gigih tampak asli. Meski, menurutnya, di area dekat leher terlihat seperti ditempel. ’’Tetapi, kami juga tidak bisa pastikan karena size yang kecil, hanya sekitar 20 KB,” katanya.

Di foto ini, bentuk dan ukuran tubuh pun serupa. Pose RS pun terlihat natural. ’’Lalu komposisi benda-benda di foto pun serupa,” urainya.

Sementara foto yang diragukan foto kedua yang diambil RS dari arah atas. Di foto itu, bagian tubuh leher ke bawah tampak jelas. Namun di bagian wajah, matanya terlihat hanya sebelah.

BANDARLAMPUNG - Satu dari tiga foto bugil polisi wanita yang juga Sekretaris Pribadi Kapolda Lampung, Brigpol RS, dinilai janggal. Foto tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News