Minggu, 22 Juli 2018 – 00:36 WIB

3 Kebiasaan Sehat ini Bisa Membantu Anda Panjang Umur

Jumat, 11 Mei 2018 – 04:45 WIB
3 Kebiasaan Sehat ini Bisa Membantu Anda Panjang Umur - JPNN.COM

jpnn.com - Ada banyak cara agar Anda bisa tetap sehat dan panjang umur.

Beragam kebiasaan sehat bisa Anda terapkan sedini mungkin supaya bisa menikmati hidup yang panjang dan bahagia bersama keluarga.

Angka harapan hidup di setiap negara berbeda-beda. Kisarannya adalah antara 60-80 tahun. Ada yang hidup di atas rentang usia tersebut, tapi banyak juga yang di bawahnya. Dikatakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, ada tiga negara yang memiliki angka harapan hidup tinggi, yaitu Korea Selatan, Italia, dan Jepang.

Untuk bisa panjang umur seperti penduduk di negara-negara tersebut caranya cukup sedarhana.

“Hampir semuanya berkisar pada pola makan yang baik dan olahraga secara teratur. Anda bisa mencobanya di rumah bersama keluarga, dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga kondisi di Indonesia,” kata dr. Astrid.

Dilansir dari laman Newsweek, sejumlah peneliti dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, berkolaborasi untuk menemukan cara agar seseorang bisa berumur panjang. Sederet tiga kebiasaan ini pun terangkum sebagai hasil penelitian.

Dalam menunjang penelitian, tim menilai kuesioner gaya hidup dan catatan medis yang kurang lebih berjumlah hingga 123 ribu relawan, yang diselesaikan selama 34 tahun lamanya. Harapan hidup rata-rata peserta yang mengikuti lima kebiasaan sehat ini meningkat, mencapai 12 tahun pada pria dan 14 tahun pada wanita. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Menerapkan diet sehat.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar