3 Resep dari Bupati Muhdlor Menurunkan Pengangguran di Sidoarjo, Terbaik di Jatim

3 Resep dari Bupati Muhdlor Menurunkan Pengangguran di Sidoarjo, Terbaik di Jatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Foto: source for JPNN

jpnn.com - SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus menggerakkan perekonomian lokal agar tercipta lapangan kerja yang luas untuk warganya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Sidoarjo terus menurun secara bertahap.

Dari 10,87 persen per Agustus 2021 menjadi 8,80 persen per Agustus 2022.

Itu artinya terdapat penurunan TPT di Sidoarjo sebesar 2,08 persen.

Persentase penurunan itu tercatat yang tertinggi di Jatim, menunjukkan progresivitas kinerja penanganan pengangguran di Sidoarjo yang cukup baik.

“Ini tentu berkat gotong royong semuanya. Ada stimulus dari Pemkab Sidoarjo untuk menumbuhkan dunia usaha, ada gerak usaha BUMN dan swasta yang tumbuh positif karena kami jaga betul iklim investasinya. Semuanya berperan memperluas lapangan kerja, dan muaranya menurunkan pengangguran," kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Senin (5/12).

Bupati Muhdlor membeberkan sejumlah strategi sektor ekonomi yang dipacu Pemkab Sidoarjo untuk terus mempercepat pemulihan dari imbas pandemi Covid-19.

Pertama, optimalisasi APBD sebagai stimulus penggerak ekonomi rakyat. APBD dialokasikan untuk berbagai program yang menggerakkan ekonomi lokal. Di antaranya berbagai pembangunan infrastruktur jalan yang memudahkan mobilitas orang dan barang, dan dengan sendirinya menggerakkan ekonomi.

Bupati Muhdlor bilang ini berkat gotong royong semuanya. Ada stimulus dari Pemkab Sidoarjo untuk menumbuhkan dunia usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News