Motor

3000 Battery Pack Milik Pertamina dan UNS Siap Suntik Gesits

3000 Battery Pack Milik Pertamina dan UNS Siap Suntik Gesits
Skutik listrik Gesits. (Foto: Istimewa for JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Ion Battery untuk motor listrik yang dikembangkan PT Pertamina (Persero) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) sudah masuk tahap produksi dan skuter matik (skutik) listrik Gesits sudah siap mengaplikasikannya.

Seperti disampaikan Kepala Subdirektorat Industri Kereta Api, Alat Transportasi Udara dan Alat Pertahanan Kemenperin Togu Sihombing kepada wartawan beberapa waktu lalu.

"Baterai buatan Pertamina dan UNS itu sudah melakukan uji coba dan masuk tahap produksi. Sudah ada yang pesan Gesits, setahu saya sekitar 3000an untuk tahap awal," Kata Togu di Jakarta.

"Gesits sendiri nantinya akan mengaplikasikan jenis battery pack yang bisa di-swap atau ditukar secara praktis."

Rencananya kan mereka (Gesits), lanjut Togu, siap merilis pada Agustus nanti," Dengar-dengar sih tanggal 8 bulan 8 - 2018, jadi 8-8-18 tapi nanti bisa dipastikan lagi ke pihak Gesits," selorohnya.

Dari keterangan tersebut, Gesits yang merupakan skutik listrik hasil pengembangan Garansindo Group bekerjasama dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS) ini masih belum ada konfirmasi resmi terkait waktu peluncuran.

Bahkan sebelumnya sempat tersiar kabar jika skutik listrik Gesit bakal dipinang perusahaan milik Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yakni PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang beberapa waktu memperkenalkan bus listrik.

Gesits bakal menyimpan motor elektrik berdaya 5 kW dengan torsi mencapai 15 Nm pada 3.000 rpm. Sebagai penggerak motor elektriknya, Gesits mengandalkan baterai Lithium-ion.

Baterai ion buatan PT Pertamina dan UNS sudah masuk tahap produksi dan penggunaan pertama akan diaplikasikan pada skutik listrik Gesits.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News