Senin, 19 Agustus 2019 – 08:57 WIB

31 Ha Kebun Sawit Terbakar, Pessel Diselimuti Kepulan Asap

Sabtu, 03 Februari 2018 – 21:47 WIB
31 Ha Kebun Sawit Terbakar, Pessel Diselimuti Kepulan Asap - JPNN.COM

jpnn.com, DHARMASRAYA - Kebakaran cukup sering melanda perkebunan sawit di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dalam satu bulan terakhir ini.

Bahkan, kebakaran itu tersebar di empat kabupaten yakni Sitiung, Pulaupunjung, Kotobaru dan Sungairumbai.

Selain menyebabkan kerugian materil, kebakaran itu juga menyebabkan dua kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diselimuti kepulan asap selama lima jam.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Dharmasraya Akrial menyebutkan, kebakaran tersebut terjadi di waktu yang berbeda dan di tujuh lokasi yang berbeda pula.

Pada Jumat (19/1) terjadi kebakaran kebun sawit di lokasi transmigrasi Sei Kilangan, Kecamatan Pulaupunjung dengan luas lahan yang terbakar kurang satu hektare dengan kerugiaan sekitar Rp500 ribu.

Kemudian keesokan harinya atau pada Sabtu (20/1) kebun sawit di Jorong Sei Nili, Nagari Sungaidareh, Kecamatan Pulaupunjung seluas 0,5 hektare terbakar. Total kerugian ditaksir Rp1 juta.

Selanjutnya, pada Selasa (30/1) kebun sawit di Jorong Bukitmindawa, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulaupunjung juga terbakar seluas satu setengah hektare dengan kerugian sekitar Rp5 juta. Kemudian pada Rabu (31/1) kebun sawit di Nagari Kotopadang, Kecamatan Kotobaru seluas sembilan hektare terbakar dan total kerugian Rp10 juta.

Pada Kamis (1/2) kebun sawit milik PT Andalas Wahana Berjaya (PT AWB) sebuah perkebunan sawit milik Malaysia terbakar seluas 10 hektare. Total kerugian sebesar Rp40 juta . Kemudian, Jumat ( 2/2) kebun sawit di Sitiung V Aur Jaya, Kecamatan Sitiung juga terbakar seluas lima hektare dengan total kerugian Rp7 juta.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar