4 Bank AS Dibobol 'Hacker' Indonesia

4 Bank AS Dibobol 'Hacker' Indonesia
4 Bank AS Dibobol 'Hacker' Indonesia
JAKARTA - Tudingan bahwa Indonesia banyak dihuni para pelaku kejahatan dunia maya (cyber crime) nampaknya tak berlebihan. Buktinya, empat bank besar di Amerika Serikat (AS), dilaporkan telah menjadi korban kejahatan tersebut.

Bank-bank itu antara lain adalah Capital One USA, Chase Bank USA, Piramax Bank dan JP Morgan Bank USA. Empat lembaga keuangan asal negeri Paman Sam itu dikabarkan berhasil dibobol duo hacker asal Malang dan Jakarta, bernama Ady dan Ari. Pembobolan ini diketahui setelah sejumlah korban lain di Indonesia melapor ke Polda Metro Jaya, yang kemudian berhasil meringkus dua sekawan itu.

Kasat IV Cyber Crime Polda Metro Jaya, AKPB Winston Tommy Watuliu mengatakan, diduga kedua tersangka ini telah lama beroperasi. Dalam kasus ini, para tersangka menerobos jaringan data perbankan bank-bank tersebut sekitar Maret lalu. Dari keempat bank itu, mereka berhasil mencuri 4.000 data elektronik kartu kredit nasabah bank yang siap digunakan untuk bertransaksi secara online.

"Yang dicuri ini kebanyakan data kartu kredit korporasi (perusahaan)," ujar Tommy kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (21/12) siang.

JAKARTA - Tudingan bahwa Indonesia banyak dihuni para pelaku kejahatan dunia maya (cyber crime) nampaknya tak berlebihan. Buktinya, empat bank besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News