4 Jok Anak Ini Dapat Nilai Basic dalam Uji Keselamatan

4 Jok Anak Ini Dapat Nilai Basic dalam Uji Keselamatan
Ilustrasi jok anak. Foto: Carscoops

jpnn.com - Tak hanya kendaraan bermotor saja yang mendapatkan pengujian keselamatan untuk menunjang keamanan berkendara dan penumpangnya. Namun, perangakat pendukung seperti jok untuk anak juga harus melewati sistem pengujian.

Lembaga Consumer Report (CR) baru-baru ini menggelar tes keamanan pada empat jok model mobil untuk anak. Hasilnya, mereka mengungkapkan jok tersebut dapat berpotensi cedera karena mengalami kerusakan selama pengujian.

Melansir Carscoops, Senin (21/10), CR telah mengetes jok anak sejak 2014 untuk mensimulasikan kondisi dalam kejadian nyata dan tes-tesnya yang dianggap lebih ketat daripada persyaratan uji tabrak.

Empat jok yang dimaksud adalah Britax Frontier ClickTight, Britax Pioneer, Cosco Finale dan Harmony Defender 360. Dalam tes, jok anak dievaluasi untuk perlindungan berdasarkan tiga skala yaitu Basic, Better dan Best. Keempat jok tersebut diklasifikasikan masuk ke nilai "Dasar/Basic" dalam evaluasi CR.

Penguji menemukan bahwa komponen beban di belakang kursi pecah selama pengujian dengan boneka yang beratnya mendekati batas tempat duduk. CR mengatakan, bahwa dalam kecelakaan di dunia nyata sama-sama buruk atau bahkan lebih buruk dalam tes simulasi mereka.

Kegagalan struktural itu menimbulkan peningkatan risiko bagi kepala anak untuk bersentuhan dengan beberapa bagian interior kendaraan atau bahkan menyebabkan anak keluar dari jok.

Namun, CR mencatat bahwa mereka belum mendengar ada cedera yang terkait dengan kegagalan struktural tersebut.

Boneka-boneka dalam tes CR mensimulasikan seorang anak berusia enam tahun atau 10 tahun yang lebih berat. Hasil tes jok termasuk sistem harness yang rusak dan bagian-bagian pendukung yang rusak untuk sandaran kepala, cangkang dan bahkan struktur tambatan atas jok.

Lembaga Consumer Report (CR) baru-baru ini menggelar tes keamanan pada empat jok model mobil untuk anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News