5 Cara Mudah Agar Tetap Aktif dan Sehat di Rumah  

5 Cara Mudah Agar Tetap Aktif dan Sehat di Rumah  
Ajakan Workout From Home. Foto: Source YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah di tengah pandemi corona, bukan berarti kita menjadi pasif dan berdiam seharian. Anjuran tersebut justru harus tetap aktif dan sehat dengan menjaga kebersihan di rumah untuk meminimalisir risiko terpapar virus maupun ancama kesehatan lain.

“Kekebalan tubuh merupakan salah satu aspek paling penting yang perlu secara terus-menerus dibangun, ditingkatkan dan dijaga untuk mempertahankan diri dari berbagai virus dan ancaman kesehatan di luar sana," sebut Carlo Tamba, Fitness Development Manager di FITCO, sebuah perusahaan rintisan yang berkomitmen pada produk gaya hidup aktif dan sehat.

Carlo menambahkan, selain menerapkan perilaku menjaga kebersihan secara disiplin, sangat penting untuk mempraktikkan gaya hidup yang aktif melalui latihan fisik dan olahraga, istirahat cukup serta mengkonsumsi makanan bergizi.

Berikut beberapa langkah mudah yang direkomendasikan Carlo agar dapat tetap aktif dan sehat meski sedang berada di rumah.

Mengatur Jadwal

Saat berada di rumah, sangat sulit untuk menahan diri dari berbagai godaan bersantai dan bermalas-malasan. Untuk menyiasatinya, buatlah jadwal rutin waktu olahraga. Terdengar ekstrim mungkin, tetapi memasukkan jadwal latihan ke dalam agenda menunjukkan kalau kebugaran tubuh enjadi prioritas bagi Anda, bukan sekadar hobi.

Pilih Olahraga yang Disukai

Untuk membantu memotivasi diri agar lebih disiplin, sesuaikan jenis latihan atau olahraga sesuai dengan minat agar mempunyai elemen yang menyenangkan dan tidak membebani. Jenis latihan fisik yang dilakukan juga dapat beragam, mulai dari intensitas rendah, sedang, hingga tinggi. Melakukan gerakan kebugaran sebaiknya lebih diperhatikan dibandingkan dengan olahraga permainan (seperti basket, tenis, sepakbola,) yang lebih berkonsep permainan untuk bertanding dan menang.

Beberapa langkah mudah yang direkomendasikan agar tetap aktif dan sehat di rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News