5 Kiat Jitu Berhenti Merokok

5 Kiat Jitu Berhenti Merokok
Ilustrasi merokok. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Kebiasaan merokok selalu menjadi topik yang tak pernah habis dibicarakan. Merokok punya konsekuensi kesehatan berbahaya. Bukan hanya untuk perokok itu sendiri, tapi juga bagi orang-orang di sekitarnya. Meski sudah tahu fakta tersebut, tetap saja sebagian besar perokok masih kesulitan untuk berhenti. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, yuk, simak cara jitu berhenti merokok di bawah ini.

Sebenarnya, apa yang membuat seseorang kecanduan pada rokok? Jawabannya adalah nikotin, zat yang terdapat di dalam baham dasar rokok, yaitu tembakau.

Jika dihirup, nikotin akan masuk dan mengalir di dalam peredaran darah. Setelah itu, nikotin akan menstimulasi saraf hingga menghasilkan emosi-emosi yang bahagia, seolah memberi energi tambahan. Biasanya, perasaan-perasaan itulah yang dicari para perokok.

Walau rokok terbukti dapat membantu para perokok mendapatkan perasaan-perasaan yang menyenangkan, tetapi secara rasional para perokok juga tidak menampik kenyataan bahwa rokok memberi kerugian yang sangat besar dari sisi kesehatan. Oleh sebab itu, tidak sedikit perokok yang berusaha sekuat tenaga untuk melepaskan kecanduannya terhadap gulungan tembakau tersebut.

Ada banyak yang berhasil, tapi banyak juga yang gagal. Untuk berhenti merokok, sebenarnya memang membutuhkan strategi jitu agar ketika memutuskan untuk berhenti merokok, Anda bisa benar-benar konsisten menjalankannya.

Ini yang harus dilakukan untuk bisa berhenti merokok

Anda perokok yang ingin “insaf” dan ingin tahu strategi-strategi jitu tersebut? Inilah cara-caranya:

1. Pahami mengapa Anda ingin merokok 
Sangat penting untuk mengenali faktor-faktor pemicu mengapa Anda ingin merokok. Contohnya, jika Anda merokok untuk mengisi waktu luang, maka carilah cara untuk mengisi waktu tersebut dengan hal-hal lebih positif yang bisa membuat Anda lupa untuk merokok.

Sangat penting untuk mengenali faktor-faktor pemicu mengapa Anda memutuskan ingin merokok.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News