5 Makanan Sehat untuk Mengurangi Risiko Depresi

5 Makanan Sehat untuk Mengurangi Risiko Depresi
Yogurt. Foto: Yahoo

jpnn.com - Depresi adalah salah satu jenis penyakit mental yang masih sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Tidak banyak orang yang segera melakukan tindakan saat mengalami depresi atau stres.

Padahal mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu seseorang mengatasi depresi atau stres yang dialaminya. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman MSN, Selasa (20/8).

1. Tiram

Makan tiram untuk mengobati depresi mungkin terdengar aneh. Ternyata tiram, serta moluska dan kerang lainnya, adalah sumber seng yang hebat, yang memainkan peran kunci dalam fungsi otak sehari-hari, khususnya dalam hal kejernihan mental, perilaku, dan perhatian. Tiram dan kerang lainnya adalah pilihan yang baik, karena mereka juga menyediakan vitamin B12, asam lemak omega-3, dan selenium, tiga nutrisi lain yang juga berhubungan dengan kesehatan otak.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Membantu Mengurangi Depresi

2. Blueberry liar

Semua beri adalah pilihan makanan yang enak, tetapi blueberry berada di peringkat atas berkat tingkat vitamin C dan polifenolnya yang tinggi. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari radikal bebas berbahaya dan meningkatkan fungsi otak yang tepat, terutama selama masa-masa stres.

3. Makanan Fermentasi

Mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu seseorang mengatasi depresi atau stres yang dialaminya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News