50 Ribu Beasiswa bagi Calon Mahasiswa Kurang Mampu

50 Ribu Beasiswa bagi Calon Mahasiswa Kurang Mampu
50 Ribu Beasiswa bagi Calon Mahasiswa Kurang Mampu
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengungkapkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) pada tahun ini akan memberikan beasiswa sebanyak 50 ribu kuota, bagi para calon mahasiswa dari keluarga ekonomi bawah atau tidak mampu. Kuota tersebut berasal dari (program) beasiswa Bidik Misi 2011, serta dari masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

Dikatakan M Nuh, tahun ini pemerintah sendiri akan memberikan sebanyak 20 ribu beasiswa Bidik Misi. Sementara, mulai tahun ini juga katanya, setiap PTN berkewajiban memberikan kuota 20 persen untuk calon mahasiswa kurang mampu. "Tahun ini harapannya bisa 50.000 (beasiswa)," ungkapnya di Jakarta, Jumat (4/2).

Menurut M Nuh, program beasiswa Bidik Misi yang telah dijalankan sejak 2010 lalu ini, ditujukan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai, namun kurang mampu secara ekonomi untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah.

Mendiknas pun menyebutkan, dari 20 ribu kuota yang diberikan pada tahun lalu, yang terserap adalah 19.600-an atau 98-99 persennya. "Kurang 300-an yang tidak terserap. (Itu) Bisa jadi karena jurusannya tidak cocok, sehingga dia (calon mahasiswa) tidak mau," katanya.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengungkapkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) pada tahun ini akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News