JPNN.com

6 Kiat Sehat dan Produktif di Usia Lanjut seperti Kiai Ma’ruf Amin

Senin, 21 Oktober 2019 – 12:20 WIB 6 Kiat Sehat dan Produktif di Usia Lanjut seperti Kiai Ma’ruf Amin - JPNN.com

jpnn.com - Memasuki usia lanjut bukan halangan bagi Wakil Presiden terpilih, Kiai Ma’ruf Amin untuk tetap sehat dan produktif. Di usianya yang menginjak 76 tahun, Ma’ruf Amin terlihat masih tampak bugar, bahkan bebas dari penyakit.

Nah, bagi Anda yang juga ingin tetap sehat dan produktif meski tak lagi muda seperti Ma’ruf Amin, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter punya rahasianya. Apa saja?

1. Miliki waktu tidur yang cukup

Bagi orang lanjut usia, tidur selama 7 hingga 9 jam merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari. Sebab, tidur yang cukup membuat tubuh memiliki waktu yang memadai untuk memperbaiki diri dari dalam.

“Saat tidur, tubuh juga akan melepaskan hormon pertumbuhan yang bisa meningkatkan kolagen serta elastin yang berfungsi bikin kulit lebih sehat. Jadi, meski sudah tua, wajah Anda tetap bisa terlihat lebih awet muda,” ujar dr. Karin.

2. Rutin olahraga

Kata siapa lansia tidak boleh olahraga? Boleh, kok! Asalkan, jenis olahraga yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kondisi tubuh. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan, misalnya jalan kaki selama 15 menit, berkebun, atau beres-beres rumah.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jenis dan durasi olahraga yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...