6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan
Lidah Buaya. Foto HerbalCare

jpnn.com - Lidah buaya, yang dikenal juga dengan aloe vera, adalah sejenis tumbuhan sukulen. Umumnya tanaman ini tumbuh di area yang udaranya kering dan tropis, seperti di Indonesia. Khasiat lidah buaya sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu, sehingga dipercaya sebagai bahan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan.

Lalu apa saja manfaat lidah buaya bagi kesehatan?

1. Mengobati luka bakar

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit. Bahkan, sejak tahun 1959 badan FDA Amerika Serikat menyetujui penjualan salep lidah buaya secara bebas untuk pengobatan luka bakar.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar derajat satu dan dua. Penggunaan lidah buaya ditemukan dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari, jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

2. Mengurangi plak gigi

Plak gigi merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan, serta menyebabkan lubang pada gigi apabila dibiarkan menumpuk. Untuk mengatasinya, maka penumpukan plak gigi perlu dicegah.

Sebuah studi membandingkan obat kumur standar yang mengandung chlorhexidinedengan berkumur menggunakan jus lidah buaya. Hasilnya, penggunaan keduanya  sama-sama efektif. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

Khasiat lidah buaya sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu, sehingga dipercaya sebagai bahan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News