6 Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

6 Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari
Berjalan kaki. Foto: Pixabay

jpnn.com - Olahraga berjalan kaki adalah aktivitas sederhana yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Bahkan tanpa sadar Anda melakukannya saat berkegiatan sehari-hari. Meski begitu, manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tidak bisa diremehkan.

Seperti dituturkan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jalan kaki sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan karena termasuk ke dalam olahraga aerobik.

“Olahraga aerobik itu secara umum baik untuk kesehatan jantung dan paru. Saat Anda melakukan gerakan aerobik, itu akan memicu kerja jantung sekaligus memompa darah sehingga organ-organ tubuh mendapatkan oksigen dan pasokan gizi yang memadai,” kata dr. Sepri.

Lantas, apa manfaatnya bagi kesehatan saat Anda jalan kaki secara rutin setiap hari?

1. Jantung lebih sehat

Kebiasaan berjalan kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Aktivitas ini membuat pemompaan darah oleh jantung bisa lebih lancar. Hasilnya, bisa mengurangi risiko kematian akibat masalah jantung.

Berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung hingga 27 persen. Hal ini sangat penting untuk mengatur tekanan darah tinggi, mendukung sistem peredaran darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan meningkatkan detak jantung.

2. Otak lebih positif

Tanpa sadar Anda berjalan kaki saat berkegiatan sehari-hari. Meski begitu, manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tidak bisa diremehkan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News