6 Minuman Sehat Ini Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal

6 Minuman Sehat Ini Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal
Ilustrasi kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu organ penting manusia, ginjal, harus selalu dijaga kesehatannya.

Namun, perubahan gaya hidup bisa mengakibatkan seseorang terserang penyakit ginjal.

Dehidrasi parah dengan sendirinya bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Ini berubah jika Anda berada dalam penyakit ginjal stadium akhir, terutama pada dialisis.

Bagi orang yang menjalani dialisis, asupan air harus dibatasi secara signifikan karena Anda tidak bisa mengeluarkan cukup air.

Minum terlalu banyak air bisa menyebabkan hiponatremia, yaitu saat natrium dalam darah Anda menjadi terlalu encer dan berada di bawah tingkat normal.

Karena natrium bertanggung jawab atas keseimbangan cairan dalam tubuh, kadar natrium yang rendah akan memungkinkan lebih banyak air masuk ke dalam sel, menyebabkan sel membengkak.

Hiponatremia juga bisa terjadi pada orang dengan gagal ginjal, mereka yang menggunakan diuretik, atlet elit yang banyak minum dan berkeringat, dan orang yang melakukan aktivitas fisik dalam suhu yang sangat panas.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki penyakit ginjal, kamu harus hati-hati menyeimbangkan kebutuhan cairan agar tidak mengganggu keseimbangan mineral utama Anda.

Ada beberapa minuman sehat yang baik dan aman untuk penderita penyakit ginjal dan salah satunya ialah tentu saja ginger ale buatan sendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News