6 Usaha Saat Bertemu Orang Skeptis Terhadap Vaksin Covid-19

6 Usaha Saat Bertemu Orang Skeptis Terhadap Vaksin Covid-19
Sejumlah badut ikut meramaikan sosialisasi vaksin Covid-19 tingkat RW di kawasan Sudimara, Pinang, Kota Tangerang.Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sebagian orang masih skeptis atau ragu terhadap vaksin Covid-19. Padahal, menurut sejumlah riset vaksin dapat menyelamatkan dua hingga tiga juta nyawa setiap tahun dan merupakan salah satu kemajuan terbesar di dunia kedokteran modern.

Direktur Yale Institute for Global Health dr. Saad Omer memaparkan ada enam hal yang dapat dilakukan jika bertemu dengan orang yang masih ragu terhadap vaksin Covid-19.

Pertama, berempati dengan nilai-nilai yang mereka yakini.

Omer menyarankan hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanggapi permasalahan mendasar yang mereka rasakan.

Tunjukkan rasa empati seperti misalnya saat ada yang mengeluhkan sulitnya melakukan berbagai kegiatan akibat Covid-19, sampaikan bahwa tempat-tempat yang ingin mereka datangi akan mulai dapat diakses kembali setelah semua orang menerima vaksin.

“Pastikan bahwa mereka merasa didengar. Jangan berfokus hanya pada vaksin karena vaksin hanya salah satu aspek. Fokus hanya pada vaksin justru menurunkan peluang keberhasilan dalam meyakinkan mereka,” kata Omer.

Selain itu, ajaklah mereka berdiskusi tentang Covid-19 serta dampak negatifnya yang meluas.

Saat diskusi tentang Covid-19 sedang berlangsung, bicarakan tentang pengorbanan yang harus dilakukan oleh semua orang seperti menahan diri bertemu kerabat dan tidak melakukan kegiatan sehari-hari sebagaimana biasanya.

Ada enam hal yang seharusnya Anda lakukan saat bertemu orang yang masih ragu dengan vaksin Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News