60 Juta RT jadi Target NPWP

60 Juta RT jadi Target NPWP
60 Juta RT jadi Target NPWP
JAKARTA -- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengaku kesulitan untuk menginventarisir berapa potensi warga negara Indonesia yang harusnya wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Saat ini dari 240 juta penduduk Indonesia, yang tercatat memiliki NPWP di tahun 2010 baru 18,8 juta Wajib Pajak (WP).

Direktur Transformasi Proses Bisnis Direktorat Jenderal Pajak, Robert Pakpahan mengungkapkan, ada perbedaan penyusunan daftar WP di Indonesia dengan negara lainnya. Kalau di LN, pendataan pajak didasarkan pada orang per orang dengan melihat daftar penghasilannya.

‘’Namun di Indonesia, dalam satu keluarga, punya satu NPWP atas nama kepala rumah tangga saja sudah cukup. Padahal dalam satu keluarga, bisa ada anak atau istri yang juga punya penghasilan,’’ kata Robert kepada wartawan di Bogor, sabtu (4/12).

Itupula yang menjadi kesulitan utama DJP untuk menghitung berapa potensial WP yang harusnya sudah masuk dalam database. Namun demikian, DJP memiliki target jumlah Rumah Tangga (RT) yang wajib memiliki NPWP pada tahun depan.

JAKARTA -- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengaku kesulitan untuk menginventarisir berapa potensi warga negara Indonesia yang harusnya wajib memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News