7 Cara Mengurangi Asupan Gula

7 Cara Mengurangi Asupan Gula
Ilustrasi gula. (Foto: google/jpnn)

jpnn.com - Konsumsi gula adalah hal yang sulit untuk dihindari, entah itu sebagai campuran minum kopi, teh, atau makanan lainnya. Jika asupannya tidak berlebihan, sebenarnya tidak masalah. Tapi, bagaimana jika berlebihan? Anda harus tahu cara mengurangi asupan gula yang tepat, agar tubuh senantiasa sehat.

Menurut dr. Ellen Theodora dari KlikDokter, yang harus dibatasi sebenarnya adalah asupan gula tambahan. Gula tambahan ini biasanya berasal dari berbagai makanan dan minuman olahan atau siap saji, maupun penggunaan pemanis seperti gula pasir, gula merah, gula palem dan sejenisnya.

"Mengonsumsi gula tambahan sebenarnya tidak memberi manfaat kesehatan selain tambahan asupan kalori. Di sisi lain, tubuh sebenarnya bisa mendapatkan asupan gula alami yang cukup dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya seperti buah-buahan, sayuran, dan roti," ujar dr. Ellen.

Perlu diketahui, batasan asupan gula pun bisa berbeda pada pria dan wanita, juga pada anak-anak dan remaja.

Bagi wanita, asupan gula harian adalah sebesar 24 gram (setara dengan 6 sendok teh). Sementara itu, bagi pria, asupan gula yang masih dalam batas toleransi adalah 36 gram (setara 9 sendok teh). Sedangkan, untuk usia remaja di bawah 20 gram atau 5 sendok teh.

Jika konsumsi gula melebihi dari jumlah tersebut, ancamannya adalah masalah kesehatan. Konsumsi gula berlebihan menurut dr. Muhammad Iqbal dari KlikDokter dapat menyebabkan kerusakan gigi, obesitas, hingga diabetes.

Tips mudah mengurangi asupan gula

Bagi pecinta makanan dan minuman manis, mungkin akan sulit untuk mengurangi asupan gula harian. Tapi, ada beberapa cara yang bisa diikuti dan cukup mudah. Berikut ini di antaranya:

1. Kurangi konsumsi gula secara bertahap

Anda harus tahu cara mengurangi asupan gula yang tepat, agar tubuh senantiasa sehat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News