Selasa, 23 Juli 2019 – 09:53 WIB

8 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala

Rabu, 10 Juli 2019 – 21:45 WIB
8 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala - JPNN.COM

jpnn.com - Sering mengalami sakit kepala? Apakah keluhan tersebut hilang timbul dan terasa tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lumayan lama? Jika ya, itu semua pertanyaan tersebut, kemungkinan besar Anda mengalami sakit kepala kronis.

Istilah sakit kepala kronis merujuk pada frekuensi rasa nyeri di kepala dan durasi kondisi tersebut bertahan. Sakit kepala kronis yang dirasakan sehari-hari menjadikannya suatu kondisi yang tentu mengganggu aktivitas. Pengobatan tahap awal dan manajemen nyeri jangka panjang dapat membantu mengurangi keluhan dan kemungkinan terjadinya serangan berikutnya.

Pada kebanyakan kasus, sakit kepala kronis dirasakan selama 15 hari atau lebih dari 1 bulan. Tak menutup kemungkinan, keluhan bisa bertahan dan terjadi selama lebih dari 3 bulan. Kondisi ini berdiri sendiri alias bukan sesuatu yang disebabkan oleh hal yang sudah terjadi sebelumnya.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala kronis, di antaranya:

  • Migrain kronis
  • Tension type-headache
  • Nyeri kepala harian yang menetap
  • Hemikrania kontinua

Solusi sakit kepala kronis
Supaya sakit kepala kronis bisa reda atau hilang sama sekali, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Menghindari pemicu sakit kepala

Membuat catatan dalam buku harian mengenai sakit kepala dapat menentukan apa saja pemicu kondisi tersebut, sehingga dapat dihindari agar tidak terjadi lagi. Masukkan detail tiap sakit kepala yang Anda alami. Misalnya kapan keluhan muncul, sedang melakukan apa dan berapa lama durasinya.

2. Hindari penggunaan pereda nyeri secara berlebihan

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar