8 Ribu Blanko E-KTP Dikirim ke Kota Bekasi, Cukup?

8 Ribu Blanko E-KTP Dikirim ke Kota Bekasi, Cukup?
e-KTP. Foto dok JP/JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Erwin Effendi, mengatakan saat ini Kota Bekasi kedatangan 8 ribu blanko e-KTP.

Hanya saja, jumlah tersebut belum mencukupi kekurangan 112 ribu lembar blangko e-KTP yang siap cetak di Kota Bekasi.

“Kemarin kosong, kini kami mendapatkan kiriman kembali sebanyak 8.000 lembar blanko e-KTP,” kata Erwin kepada GoBekasi, Selasa (17/10).

Menurutnya, pasokan blangko yang diperoleh Kota Bekasi cenderung fluktuatif, dari 2 ribu hingga 5.000 lembar selama beberapa pekan.

“Padahal dalam sehari kami melakukan perekaman sebanyak 2 ribu, karena itulah banyak warga yang belum mendapat e-KTP masih mengandalkan surat keterangan (suket) sebagai identitas sementara,” tuturnya.

Sebanyak 8 ribu lembar blangko yang datang, katanya, diprioritaskan untuk warga yang sudah melakukan perekaman sejak September lalu.

Berdasarkan data, jumlah wajib e-KTP sebanyak 1,7 juta jiwa. Dari jumlah itu, sekitar 90 persen telah memiliki e-KTP, sedangkan 4 persen menggunakan suket, dan sisanya enam persen belum memiliki e-KTP.

Karena itu, Erwin sudah meminta penambahan blangko ke Kementerian Dalam Negeri.

Sebanyak 8 ribu lembar blangko yang datang diprioritaskan untuk warga yang sudah melakukan perekaman sejak September lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News