85 Ribu Sekolah jadi Rujukan Program Pendidikan Karakter

85 Ribu Sekolah jadi Rujukan Program Pendidikan Karakter
Siswa salah satu SD di Ponorogo menggelar tryout ujian sekolah beberapa waktu lalu. Foto: Dok/Radar Magetan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hingga akhir Juli 2018, sebanyak 85 ribu sekolah telah mengimplementasikan program penguatan pendidikan karakter (PPK) menjadi rujukan dan percontohan.

“Praktik baik PPK ini diharapkan menjadi inspirasi dan pedoman praktis bagi kepala sekolah di seluruh Indonesia," kata Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Pembangunan Karakter, Arie Budhiman, Rabu (25/7).

Arie menyebutkan jumlah tersebut akan ditingkatkan seiring dengan pendampingan kepada sekolah-sekolah.

Termasuk juga bimbingan teknis dan pelatihan yang saat ini sedang digelar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud.

Akhir 2018, pemerintah menargetkan akan ada 128.342 sekolah yang menerapkan PPK dan 216.995 pada akhir 2019.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, PPK merupakan gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab satuan pendidikan, bertujuan untuk memperkuat karakter siswa didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Perpres ini juga menuntut satuan pendidikan mengimplementasikan PPK lewat kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, dan kokurikuler, dilaksanakan baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan formal. (esy/jpnn)


Program Pendidikan Karakter gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab satuan pendidikan, bertujuan untuk memperkuat karakter siswa didik


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News