9.668 Warga di Padang Belum Terima Dana PKH

9.668 Warga di Padang Belum Terima Dana PKH
Penerima Dana PKH. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, PADANG - Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2018 bertambah sebanyak 9.668.

Penerima baru itu mestinya sudah menerima bantuan tahap I Februari lalu, namun sayangnya hingga Selasa (6/3), belum juga cair.

Kondisi ini diakui pengelola PKH Kota Padang. Pihaknya juga tidak mengetahui secara pasti alasan belum cairnya bantuan tersebut.

”Ya, memang seharusnya kartu PKH itu lengkap dengan saldonya sudah dibagikan. Namun, hingga bulan Maret belum bisa dicairkan. Padahal semestinya bulan Februari sudah dicairkan. Penyebabnya, kami juga tidak mengetahui,” ujar Koordinator PKH Kota Padang, Wendi Juli Putra kepada Padang Ekspres di Kantor Dinas Sosial Padang, Selasa (6/3).

Terkait penerima bantuan PKH, disebutkan, bertambah sebanyak 9.668 dengan anggaran mencapai Rp 4,8 miliar. Dari jumlah sebanyak itu, Kecamatan Kototangah mendapat porsi terbesar dengan jumlah penambahan penerima PKH mencapai 1.754 jiwa.

Kemudian, disusul Kecamatan Kuranji 1.492 jiwa, Kecamatan Lubukbegalung 1.254 jiwa, Kecamatan Padang Timur 867 jiwa, Kecamatan Padang Selatan 883 jiwa, Kecamatan Bungus Teluk Kabung 697 jiwa, Kecamatan Pauh 682 jiwa, Kecamatan Nanggalo 618 jiwa, Kecamatan Padang Utara 532 jiwa, Kecamatan Padang Barat 485 jiwa serta Kecamatan Lubukkilangan mencapai 404 jiwa.

Di antara 9.668 penerima baru program PKH tahun ini, diperuntukkan bagi seluruh kategori penerima PKH. Antara lain, kategori bantuan sosial, bantuan penyandang disabilitas dan bantuan lanjut usia.

”Sementara porsi untuk masing-masing kategori, kami masih menunggu data dari Pemerintah Pusat. Tapi kalau untuk anggaran untuk penerima PKH ini tetap seperti tahun lalu. Yakni masing-masing penerima PKH mendapat bantuan berupa uang dengan jumlah Rp 1.890.000 per tahun yang dibayarkan dalam 4 tahap,” lanjutnya.

Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2018 bertambah sebanyak 9.668.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News