Ada Enggak Ada Pandemi Jokowi yang Terbaik Bagi Indonesia

Ada Enggak Ada Pandemi Jokowi yang Terbaik Bagi Indonesia
Ilustrasi - Presiden Joko Widodo meninjau penyerahan bantuan sosial tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bogor, Rabu (13/5). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Indonesia Watch for Democracy (IWD) Endang Tirtana menilai Joko Widodo merupakan pemimpin yang paling tepat bagi Indonesia saat ini.

Menurutnya, berbagai keberhasilan telah ditorehkan mantan gubernur DKI Jakarta itu selama memimpin Indonesia sejak menang di Pemilihan Presiden 2014 dan Pemilihan Presiden 2019.

"Membayangkan kepemimpinan Jokowi tanpa pandemi dan kepemimpinan Jokowi di kala pandemi, menurut saya sampai hari ini Jokowi yang terbaik bagi Indonesia," ujar Endang dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (27/7).

Endang lebih lanjut mengatakan pengalaman Jokowi sebagai kepala daerah membuatnya memahami pengelolaan anggaran dan dapat menetapkan skala prioritas pembangunan.

Sebelum pandemi COVID-19, dia menilai Jokowi berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 11,3 persen menjadi 9,4 persen.

Selain itu, tingkat pengangguran di Indonesia juga turun dari 5,7 persen menjadi lima persen.

"Sekarang kita tahu Jokowi dihadapkan dengan persoalan pandemi yang sebenarnya belum ada satu pun negara di dunia yang berhasil pulih," katanya.

Dia menyayangkan ada upaya dari sekelompok orang yang mengkritik dengan tujuan membuat kepercayaan terhadap pemerintah menurun.

Endang Tirtana menyebut ada enggak ada pandemi COVID-19 Jokowi yang terbaik bagi Indonesia saat ini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News