Ada Gerhana Bulan, Ini Ajakan Zulkifli Hasan

Ada Gerhana Bulan, Ini Ajakan Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fenomena gerhana Bulan pada hari ini (31/1) untuk berkontemplasi dan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa demi keselamatan bangsa dan negera. Zulhas -sapaan Zulkifli- fenomena yang baru terjadi setelah satu setengah abad itu sangat unik dan layak untuk direnungkan.

"Bagi bangsa Indonesia yang berketuhanan Yang Maha Esa gerhana bulan adalah tanda kebesaran Tuhan," katanya.

Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat sunah khusuf. “"Semoga di tahun politik ini bangsa Indonesia diberi kekuatan untuk menjalankan amanat demokrasi dengan baik," kata Zulhas yang berencana melaksanakan salat sunah khusuf di Masjid Al Azhar malam ini 

Dia menambahkan, tahun ini ada bencana dan penyakit yang melanda. "Semoga kita mendapat lindungan dari Allah," tambahnya.

Selain itu Zulhas juga mengatakan, masyarakat bisa menyaksikan gerhana Bulan sebagai objek penelitian ilmiah dan peristiwa wisata. Bahkan, peristiwa itu bisa untuk cerita bagi anak cucu kelak.

"Untuk yang melihat Gerhana Bulan sebagai fenomena wisata silakan menikmati dengan tertib dan nyaman", ujarnya.

Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon diprediksi akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Gerhana bulan ini dianggap langka karena bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon.
 
Supermoon alias Bulan super merupakan keadaan Bulan terlihat maksimal dari Bumi karena sedang dalam jarak terdekat. Sedangkan Super Blue Blood Moon adalah gerhana Bulan total yang terjadi saat benda langit itu dalam posisi paling dekat dengan bumi dan muncul secara penuh (purnama).(jpnn)


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fenomena gerhana Bulan pada hari ini (31/1) untuk berkontemplasi dan memanjatkan doa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News