Ada Kabar Gembira Buat Pasangan yang Sedang Jalani Program Hamil

Ada Kabar Gembira Buat Pasangan yang Sedang Jalani Program Hamil
Pasangan suami istri. Ilustrasi. Foto Pixabay

jpnn.com - Belum banyak orang yang tahu bahwa salah satu manfaat puasa adalah untuk mempercepat mendapatkan keturunan. Ya, salah satu aspek yang mendukung kesuksesan program hamil dari pasangan suami istri adalah kondisi kesuburan mereka. 

Makin subur mereka, maka makin tinggi pula tingkat keberhasilan untuk punya momongan. Untuk mewujudkan hal itu, ternyata, bisa dilakukan dengan berpuasa. Tak percaya? Berikut penjelasan medisnya supaya Anda semakin bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa.

Manfaat Puasa bagi Kesuburan Wanita

Jonathan Tilly dan tim penelitiannya dari Harvard Medical School, pernah bekerja sama dengan Massachusetts General Hospital (MGH) untuk menelaah soal pengaruh puasa terhadap kesuburan wanita. 

Melalui dua ekor tikus betina dewasa, salah satu tikus itu diberi makanan sebanyak-banyaknya, selama tujuh bulan. Sementara itu tikus lainnya, dilakukan hal sebaliknya –yaitu membatasi asupan makanannya.

Hasilnya, tikus yang makan banyak mengalami penurunan jumlah sel telur. Sementara tikus yang ‘berpuasa’ terlihat memiliki alat reproduksi yang lebih sehat.

Selain tikus, para peneliti juga pernah mencoba metode tersebut pada monyet betina dan mendapat kesimpulan serupa. Intinya, saat wanita menjalani puasa, tubuhnya justru memproduksi jumlah sel telur lebih banyak dan kadar gula darah yang lebih baik.

Kondisi tersebut tentu akan memengaruhi hormon reproduksi, sehingga melancarkan siklus haid dan juga produksi sel telur. 

Jadi, berpuasa agar cepat hamil memang dapat Anda lakukan. Dengan mengurangi asupan kalori, umur reproduksi pun akan semakin panjang.

Salah satu aspek yang mendukung kesuksesan program hamil dari pasangan suami istri adalah kondisi kesuburan mereka.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News