Ada Kickback buat Pejabat Kemenpora Setiap Dana KONI Cair

Ada Kickback buat Pejabat Kemenpora Setiap Dana KONI Cair
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini masih memeriksa sembilan orang yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) terkait dana hibah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Selasa (18/12). Salah satu nama yang terjaring OTT KPK adalah Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan, ada dana hibah dari Kemenpora untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang jumlahnya puluhan miliar rupiah. Namun, KPK menduga ada pejabat Kemenpora yang menerima kickback dari pencairan dana untuk KONI.

"Rinciannya puluhan miliar ya. Saya lupa angkanya. Saya sudah dilapori yang penyaluran pertama sekian puluh miliar, kedua sekian miliar. Kemudian ada persentase tiap penyaluran kickback-nya berapa. Itu ada," ujar Agus di KPK, Jakarta Selatan, Rabu (19/12).

Namun, Agus masih enggan membeber pihak yang menerima kickback dari pencairan dana hibah. Rencananya, KPK akan menggelar konferensi pers malam ini.

"Kami belum bisa melaporkan secara komplet dan jelas,” katanya.

Dalam OTT itu KPK menangkap sembilan orang, termasuk lima pegawai Kemenpora. KPK juga mengamankan barang bukti berupa uang Rp 300 juta dan kartu ATM. yang diamankan dalam OTT itu.

Sekretaris Kemenpora Gatot Dewa Broto membenarkan kabar tentang KPK membawa Mulyana. Selain Mulyana, ada pula empat orang pegawai Kemenpora yang juga dibawa KPK.

"Menurut laporan dari rekan di sini, ada Deputi IV (Mulyana, red), PPK (pejabat pembuat komitmen), bendahara, dan dua orang lain," kata Gatot di kantor Kemenpora.(ipp/JPC)


Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan, ada dana hibah dari Kemenpora untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang jumlahnya puluhan miliar rupiah.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News