Ada Model Pembelajaran Terbaru Bagi ASN, Fokus Literasi Digital 

Ada Model Pembelajaran Terbaru Bagi ASN, Fokus Literasi Digital 
Kemenkominfo dan Kemendagri berkolaborasi dalam peluncuran Massive OpenOnline Course (MOOC) Literasi Digital dalam Learning. Foto: Dok. Kemenkominfo 

jpnn.com, JAKARTA - Massive OpenOnline Course (MOOC) Literasi Digital dalam Learning Management System (LMS) Sistem Informasi Kompetensi Unggul Aparatur Terintegrasi (Sikuat) milik Kemendagri telah diluncurkan.

Hal tersebut merupakan model pembelajaran hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun kegiatan itu dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat baru-baru ini.

Bonifasius Wahyu Pudjianto selaku Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo menyampaikan bahwa MOOC Literasi juga menyediakan fitur evaluasi pemahaman pengguna terkait materi literasi digital.

"MOOC atau Massive Open Online Course Literasi Digital Sektor Pemerintah juga memberikan bentuk contoh konkrit transformasi digital yang dikolaborasikan antara Kemendagri dan Kemenkominfo,” kata Bonifasius dalam keterangannya, Kamis (17/11).

Sugeng Hariyono selaku kepala BPSDM Kemendagri mengapresiasi usaha Kemenkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika c.q Direktorat Pemberdayaan Informatika yang telah membantu melakukan kegiatan literasi digital kepada ASN.

Menurutnya, ini sejalan dengan PP Nomor 17 tahun 2020 yang mengamanatkan bahwa setiap PNS punya hak dan kewajiban untuk dikembangkan kompetensinya minimal 20 jam pelajaran.

“Menurut pengalaman dalam penilaian reformasi birokrasi terkait indeks kompetensi pegawai, kami mengakui bahwa hal ini tidaklah mudah," terang Sugeng Hariyono. (esy/jpnn)

Model pembelajaran terbaru bagi ASN yang fokus terhadap literasi digital hasil kolaborasi 2 kementerian telah diluncurkan.


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News