Ada Usul VoA Rusia Dicabut, Menparekraf Bilang Begini

Ada Usul VoA Rusia Dicabut, Menparekraf Bilang Begini
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: ANTARA/Muhammad Ramdan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno angkat bicara soal Gubernur Bali I Wayan Koster yang telah mengusulkan kepada Kemenkumham untuk mencabut visa on arrival (VoA) bagi warga dari dua negara itu yang ingin berkunjung ke Bali.

Merespons itu, Sandiaga menyebutkan sejak Januari 2023, lebih dari 30 ribu wisatawan asal Rusia telah masuk ke Indonesia. 

"Wisatawan Rusia tahun lalu menunjukkan angka yang sangat besar dan bulan januari 2023 sekitar 30 ribu lebih dan ini merupakan angka yang terus bertumbuh," kata Sandiaga di Jakarta, Rabu (15/3).

Dia menyebutkan pihaknya bersama Direktorat Jenderal Imigrasi akan memastikan pengawasan dan penegakan hukum terhadap wisatawan yang nakal di Bali.

"Agar mayoritas wisatawan yang sebetulnya berkualitas itu tidak dirusak oleh kegiatan segelintir oknum wisatawan yang melanggar hukum," lanjutnya. 

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebutkan industri perhotelan membutuhkan wisatawan untuk masuk.

"Ini akan membangkitkan kembali sektor pariwisata kita dalam mencetak USD 6 miliar devisa dari wisata," pungkas Sandiaga.

Sebelumnya, Maraknya laporan bahwa warga negara asing dari Rusia dan Ukraina kerap berulah, membuat Gubernur Bali I Wayan Koster jengkel.

Begini kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno soal usul VoA Rusia dicabut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News