JPNN.com

Ada yang Lebaran 19 September

Selasa, 15 September 2009 – 04:55 WIB Ada yang Lebaran 19 September - JPNN.com
PADANG - Warga Muhammadiyah sudah memutuskan Idul Fitri 1430 H jatuh pada 20 September 2009. Begitu pun, Menteri Agama Maftuh Basyuni memperkirakan, hari Lebaran versi pemerintah akan jatuh pada 20 September juga. Namun, lain dengan penganut aliran Tarikat Naqsabandiyah. Mereka akan melaksanakan Idul Fitri 1430 H pada Sabtu, 19 September 2009.

"Lebaran kami laksanakan Sabtu, lebih awal satu hari dari orang umum,"  ungkap Safri, seorang khalifah di Mushalla Baitul Makmur Pasar Baru Pauh V. Dia menyebutkan, perhitungan mereka menggunakan hilal dalam penentuan awal Syawal 1430 H. Aliran ini meyakini perhitungan hari dalam kalender Islam hanya dua, 29 hari dan 30 hari.

Menurutnya, Ramadhan selalu 30 hari, sementara Syawal selalu 29 hari. Perhitungan bulan kalender hijriah antara 29 dan 30, tidak ada yang lain. Saat ini, mushalla Baitul Makmur Pasar Baru memiliki sekitar 300 jamaah tetap. Penganut aliran  ini juga tersebar di sepanjang bukit Lubuksariak dan sungai Lubuksariak, Surau Baru, Surau Piriang Karangputih, Surau Tapianaia Indarung, Tarantang, Baringin, dan Surau Unggaubi. Dan juga ada di Solok, Pesisir Selatan, dan Pariaman.

Dalam  Islam, penentuan awal bulan pada kalender hijriah dilakukan dengan tiga cara yakni hilal, rukyat, dan hisab. Hilal merupakan salah satu kriteria menentukan awal bulan yang didasarkan pada penampakan bulan. Sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, dan penentuan awal bulan tergantung pada penampakan bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 hari atau 30 hari.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...