Aduh Biyung! Fenomena Rumah Mewah Diobral Masih Berlanjut, Kok Bisa?

Aduh Biyung! Fenomena Rumah Mewah Diobral Masih Berlanjut, Kok Bisa?
Fenomena rumah-rumah mewah di Jakarta yang diobral murah sudah terjadi sejak 2020 lalu. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Fenomena rumah mewah di Jakarta yang diobral murah sudah terjadi sejak 2020 lalu.

CEO Indonesia Propertt Watch Ali Tranghanda mengatakan hal itu karena mulai turunnya permintaan dari para ekspatriat di Indonesia yang tidak banyak menyewa.

Selain itu, pandemi Covid-19 membuat kebutuhan uang tunai menjadi prioritas, bahkan banyak rumah elite yang diobral merupakan milik para investor yang selama ini menjadikan aset investasi.

"Beberapa kawasan elit seperti Menteng, Pondok Indah dipenuhi oleh rumah yang ingin dijual oleh pemiliknya dan fenomena ini sudah berlangsung lama," ujar Ali saat dikonfirmasi, Kamis (6/10).

Menurut Ali, semenjak semester kedua 2020 lalu harga rumah mewah makin menurun di beberapa titik, hususnya di kawasan Jakarta Selatan.

"Koreksi harga mencapai 50 persen di beberapa titik. Namun, tidak menyeluruh. Kalau sampai menyeluruh pasar properti bisa crash," kata Ali.

Kemudian, cicilan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bakal naik setelah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan 7 Days Repo Rate sebesar 50 basis poin menjadi 4,25 persen.

"Kenaikannya bisa mencapai 1-2 persen. Ini akan berimbas pada penurunan permintaan properti, di mana inflasi yang meningkat juga akan memengaruhi daya beli masyarakat," tegas Ali.(mcr28/jpnn)

Fenomena rumah-rumah mewah di Jakarta yang diobral murah sudah terjadi sejak 2020 lalu.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News