Agar Tulang Kuat, Cobalah dengan Cara Ini

Agar Tulang Kuat, Cobalah dengan Cara Ini
ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Hasil penelitian terbaru menyebutkan pria yang terlibat dalam aktivitas fisik yang tinggi semasa remaja cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih besar pada saat dewasa.

Seiring waktu, kegiatan seperti tenis dan jogging memberi bantuan massa tulang di pinggul dan tulang belakang. Massa tulang yang lebih besar bisa membantu mencegah penyakit tulang yang dikenal sebagai osteoporosis.

Penulis studi, Dr. Pamela Hinton, seperti dilansir laman Health, Senin (6/6) menyebutkan perempuan saat mereka menopause, osteoporosis merupakan masalah serius.

“Memang, penelitian telah menunjukkan bahwa konsekuensi dari osteoporosis bisa jauh lebih buruk bagi pria, karena mereka kurang mungkin didiagnosis dan berada pada risiko kematian yang lebih besar, ujar Hinton.

Untuk penelitian ini, tim peneliti menganalisa data medis yang disusun pada 203 pria berusia 30 tahun hingga 65 tahun. Para peserta memiliki berbagai tingkat pengalaman dengan olahraga dan latihan dan terlibat dalam berbagai jenis kegiatan.

Orang-orang yang terlibat dalam latihan berat ketika remaja memiliki kepadatan tulang yang lebih di kemudian hari.

“Yang paling penting adalah jika Anda ingin tubuh sehat, tidak pernah ada kata terlalu terlambat untuk memulai olahraga yang berdampak tinggi atau pelatihan ketahanan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang," pungkas Hinton.

Meskipun studi ini menemukan hubungan antara latihan dampak tinggi dan kepadatan tulang pada pria, hal itu tidak membuktikan sebab-akibat.(fny/jpnn)


Hasil penelitian terbaru menyebutkan pria yang terlibat dalam aktivitas fisik yang tinggi semasa remaja cenderung memiliki kepadatan tulang yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News