Aher Sebut Figur Capres 2024 Harus yang Mampu Atasi Kompleksitas Tantangan Global

Aher Sebut Figur Capres 2024 Harus yang Mampu Atasi Kompleksitas Tantangan Global
Direktur Eksekutif Simetris Research and Consulting Aher Budiantoro. Foto: Dokumentasi Aher

jpnn.com, JAKARTA - Nama Indonesia kembali mengemuka dalam percaturan global setelah perhelatan G20 berjalan sukses.

Majalah terkemuka The Economist pada (19/11) bahkan menuliskan tajuk berita utama tentang Indonesia sebagai negara penting yang kerap luput dari perbincangan global.

Dalam uraiannya tersebut, The Economist menjelaskan bahwa sebagai negara anggota G20 dengan pertumbuhan PDB terbesar setelah China dan India, Indonesia dianggap berhasil menjalankan demokrasi dan reformasi ekonomi secara beriringan, serta memiliki posisi strategis secara geopolitik, baik dari wilayah, jumlah penduduk, dan sumberdaya.

Jika Indonesia konsisten di jalur yang tepat, dalam dekade mendatang Indonesia akan melenggang menjadi sepuluh besar ekonomi terkuat di dunia.

Direktur Eksekutif Simetris Research and Consulting Aher Budiantoro menilai keberhasilan Indonesia dalam memimpin forum G20 perlu dicermati sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia memainkan perannya dalam percaturan ekonomi global di tengah kondisi perekonomian dunia yang sedang tidak baik-baik saja akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

Aher pun mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam forum G20 karena telah berhasil menyatukan pandangan negara-negara anggota yang berbeda kepentingan menghasilkan deklarasi para pemimpin (leader's declaration), dan itu menjadi kali pertama sejak Rusia memulai operasi militernya di Ukraina pada Februari 2022.

“Dalam konteks ini, sumbangsih yang telah dilakukan Indonesia sangat penting, mengingat ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina ini makin menambah beban dunia dalam upaya pemulihan ekonomi global, termasuk Indonesia,” kata Aher dalam keterangan pers, di Jakarta Kamis (1/12/2022).

Aher mengatakan bahwa Indonesia tak lama lagi akan menghadapi tahun politik, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Menurutnya, momentum kepemimpinan Indonesia dalam forum G20 ini jangan sampai terhenti di tengah jalan, mengingat tantangan dunia ke depan akan makin berat.

Nama Indonesia kembali mengemuka dalam percaturan global setelah perhelatan G20 berjalan sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News