Air Bersih Masih Krisis, SBY Gagal Capai Target MDG's

Air Bersih Masih Krisis, SBY Gagal Capai Target MDG's
Air Bersih Masih Krisis, SBY Gagal Capai Target MDG's
JAKARTA- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman pesimis Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sanggup memenuhi target Millennium Development Goals (MDG's) tahun 2015 mendatang. Pasalnya, salah satu indikator keberhasilan MDG's yakni ketersedian air bersih bagi masyarakat kota dan pedesaan tidak mengalami kemajuan yang berarti.

 

Salah satu indikator keberhasilan MDG's, kata Irman Gusman adalah ketersediaan air bersih yang mengisyarakatkan minimal 80 persen bagi penduduk perkotaan dan 60 persen bagi penduduk di pedesaan. Sementara kemampuan pemerintah dalam menyediakan air bersih saat ini baru mencapai 47 persen daerah perkotaan dan 11 persen perdesaan dengan cakupan layanan nasional berkisar 24 persen.

 

"Data tersebut membuat saya pesimis kalau pemerintah SBY mampu memenuhi target MDG's dan fakta itu juga dapat dijadikan indikasi bahwa pemerintahan saat ini belum secara sungguh-sungguh memenuhi kebutuhan warga negaranya terhadap air bersih," kata Irman Gusman, saat menerima DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) dipimpin ketua umumnya Syariful, di gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (7/5).

 

Sementara Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) selaku penyedia air bersih yang dikelola pemda tidak dapat berbuat banyak karena keterbatasan dan kendala baik dari sisi undang-undang yang mengatur maupun dari sumber investasi yang dibutuhkan serta beban beban pajak di luar air.

 

JAKARTA- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman pesimis Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sanggup memenuhi target Millennium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News