AirNav Rilis Pergerakan Pesawat Udara Selama Libur Nataru, Hingga 5 Bandara yang Paling Banyak Penumpang

AirNav Rilis Pergerakan Pesawat Udara Selama Libur Nataru, Hingga 5 Bandara yang Paling Banyak Penumpang
Para petugas AirNav Denpasar Bali tengah sibuk memantau alur lalu lintas penerbangan. Foto AirNav for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - AirNav Indonesia mengelola 55.188 pergerakan pesawat udara sejak 18 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 pada periode angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NATARU).

Direktur Utama AirNav Indonesia M Pramintohadi Sukarno menjelaskan data tersebut belum ditambah dengan data posko monitoring NATARU hari terakhir yang jatuh pada hari ini.

“Pada puncak arus balik kedua, Minggu (3/1) kemarin, AirNav Indonesia melayani 3.481 pergerakan pesawat udara di seluruh Nusantara, terdiri dari 3.380 penerbangan rute domestik dan 101 penerbangan rute internasional. Rata-rata jumlah penggunaan slot penerbangan pada delapan bandara besar mencapai 71%,” ungkap Pramintohadi.

Adapun lima bandara dengan pergerakan pesawat udara terbanyak yang dilayani pada Minggu kemarin antara lain Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dengan 902 pergerakan, Bandara Juanda Surabaya dengan 262 pergerakan.

Kemudian Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar dengan 257 pergerakan, Bandara Hasanuddin, Makassar dengan 243 pergerakan, dan Bandara Kualanamu, Medan dengan 152 pergerakan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh AirNav Indonesia, puncak pergerakan pesawat udara untuk arus mudik terjadi pada 23 Desember 2020 lalu.

“Pada 23 Desember 2020, kami melayani 3.848 pergerakan pesawat udara, yang juga merupakan jumlah tertinggi pada periode angkutan NATARU ini. Rata-rata jumlah penggunaan slot penerbangan pada delapan bandara besar mencapai 74%,” ujarnya.

Lima bandara dengan pergerakan pesawat udara terbanyak pada 23 Desember antara lain adalah Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dengan 917 pergerakan, Bandara Hasanuddin Makassar dengan 279 pergerakan.

AirNav Indonesia telah mengimplementasikan protokol kesehatan ketat agar para petugas navigasi penerbangan di lapangan tetap sehat dan terhindar dari virus COVID-19.