Akademisi Dukung Liga Sepak Bola Indonesia Kembali Bergulir

Akademisi Dukung Liga Sepak Bola Indonesia Kembali Bergulir
Ketua Umum PSII Mochmad Irawan. Foto: Tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kerinduan akan kembali berputarnya liga sepak bola Indonesia tak hanya datang dari masyarakat pecinta sepak bola seperti suporter, fans base dan juga kalangan lain yang berkecimpung langsung di dunia sepak bola Tanah Air.

Pihak akademisi pun menyuarakan aspirasi agar kompetisi sepak bola Indonesia bisa kembali bergulir sebagai sinyal kebangkitan industri olahraga di masa pandemi. Jika hal serupa bisa diterapkan di Eropa maupun negara-negara Asia Tenggara, Indonesia pun dirasa mampu menggelar kegiatan olahraga, khususnya sepak bola, dengan protokol kesehatan ketat.

Hal itu terangkum dalam webinar 'Kampus Bicara Bola' yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (UTA '45) Jakarta, bekerja sama dengan Paguyuban Suporter Timnas Indonesia, Jumat (29/1).

Wakil Rektor II UTA '45 Jakarta, Brian Matthew menyatakan keinginannya agar kompetisi liga sepak bola Indonesia dapat berjalan kembali.

“Saya sebagai masyarakat pecinta sepak bola tentu berharap liga kembali berjalan meski dengan protokol kesehatan yang ketat. Karena sepak bola sudah menjadi hiburan publik terutama di tengah pandemi seperti ini. Dengan tidak berjalannya kompetisi,  korban sudah berjatuhan baik klub, pemain, perhotelan, usaha transportasi, pedagang kecil sekitar stadion, dan lain-lain. Untuk itu kompetisi harus segera dilaksanakan,” kata Brian.

Senada, Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta, Rudyono Darsono mengatakan bahwa dampak yang ditimbulkan dengan tidak bergulirnya kompetisi yaitu tidak hanya dari sisi ekonomi saja, tapi juga kualitas pemain.

“Saya pikir dampaknya tidak hanya ekonomi melainkan kualitas pemain. Ada target target yang ingin dicapai ditingkatan Timnas, termasuk persiapan Sea Games 2021 di Vietnam dan Piala Dunia U20 tahun 2023. Untuk itu kompetisi harus segera digulirkan dengan protokol kesehatan ketat," tuturnya.

Sementara, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan menegaskan, pihaknya tetap berusaha sekuat tenaga mengupayakan agar Liga Indonesia 2021 bergulir. Pihaknya sudah dan akan terus melakukan pendekatan kepada seluruh stakeholder termasuk kepolisian, agar dapat memberikan ijin pelaksanaan Liga Indonesia.

Akademisi menyuarakan aspirasi agar kompetisi sepak bola Indonesia bisa kembali bergulir sebagai sinyal kebangkitan industri olahraga di masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News