Akan Didirikan Pabrik Kantong Darah

Akan Didirikan Pabrik Kantong Darah
Akan Didirikan Pabrik Kantong Darah
PURWOKERTO-Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menggagas pendirian pabrik kantong darah. Karena sampai saat ini untuk memenuhi kebutuhan kantong darah masih tergantung impor.

"Selama ini, Indonesia masih impor kantong darah," katanya. Padahal, kata JK yang kemarin meresmikan Kantor Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Banyumas, harga satu kantong darah senilai Rp 50 ribu. Konon, nilai investasi pabrik tersebut mencapai Rp 5 Miliar dengan kapasitas produksi lima juta kantong dalam setahun.

PMI juga menargetkan tiga juta kantong darah pada 2010. Menurut mantan wakil presiden RI ini, kebutuhan darah nasional tahun lalu sebanyak empat juta kantong darah dan baru tercukupi 1,7 juta kantong darah.

"Dan 2011, kita targetkan empat juta kantong," tandasnya. Menyusul ketetapan tersebut, PMI akan menggiatkan kampanye di sejumlah fasilitas umum. Bahkan, JK berkeinginan di setiap mall di kota besar didirikan UTD.

PURWOKERTO-Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menggagas pendirian pabrik kantong darah. Karena sampai saat ini untuk memenuhi kebutuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News