Akankah Brigjen Edmon Dipenjara?

Akankah Brigjen Edmon Dipenjara?
Brigjen Edmon Ilyas Dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Lampung, menyusul dugaan keterlibatannya dalam Markus Pencucian Uang Gayus Tambunan. Foto: agus wahyudi/jp
SATU persatu korban  Gayus Holomoan Tambunan mulai mulai berjatuhan di kepolisian.  Brigjen pol Edmon Ilyas, jenderal pertama yang dinonaktifkan. Ia dicopot dari jabatannya  Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Lampung, menyusul kasus makelar pajak yang melibatkan pegawai Ditjen Pajak Gayus Tambunan. Kapolri Jenderal pol Bambang Hendarso Danuri menegaskan, status Edmon dinonaktifkan, menyusul yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Mabes Polri.

Pemeriksaan terhadap Edmon itu karena jenderal polisi bintang satu itu diduga terkait kasus pencucian uang senilai Rp25 miliar dan rekayasa kasus yang melibatkan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Gayus Tambunan. Sebelumnya, Mabes Polri sudah menetapkan bawahan Edmon, Kompol Arafat sebagai tersangka. Apakah Brigjen Edmon akan segera menyusul Kompol Arafat sebagai tersangka? Kita tunggu saja.

:TERKAIT Sebelumnya publik memang sempat bertanya-tanya terhadap langkah hukum yang ditempuh Polri yang begitu cepat menetapkan Kompol Arafat sebagai tersangka. Sedangkan dua jenderal yang disebut-sebut Susno Duadji diduga terlibat dalam dugaan markus pajak dengan Gayus Tambunan, Edmon dan Raja justru dibiarkan bermanuver bersama-sama melawan Susno. Bahkan, keduanya sudah mengambil langkah hukum untuk menghadapi serangan Susno, dengan melaporkannya ke Bareskrim dengan tudingan pencemaran nama baik.

Penonaktifan Brigjen Edmon memang terbungkus apik, dalam kerangka mutasi pergantian pimpinan Polda di tiga daerah. Selain Lampung, terjadi juga di Aceh dan Maluku Utara. "Mutasi itu berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Kapolri Nomor 261 Tertanggal 2 April 2010," Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Edward Aritonang. Edward mengumumkan mutasi pimpinan Polda itu di Mabes Polri, Jumat (2/4).

SATU persatu korban  Gayus Holomoan Tambunan mulai mulai berjatuhan di kepolisian.  Brigjen pol Edmon Ilyas, jenderal pertama yang dinonaktifkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News