Akbar Tanjung Mendukung Anies Capres 2024, Airlangga Perlu Waspada

Akbar Tanjung Mendukung Anies Capres 2024, Airlangga Perlu Waspada
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai pernyataan Akbar Tanjung mendukung Anies Baswedan Capres 2024 tidak akan mengubah peta politik di Partai Golkar saat ini.

Dia meyakini Golkar akan konsisten mendukung Airlangga Hartarto jadi Capres 2024 seperti keputusan munas partai berlambang pohon beringin itu pada 2019.

Toh, kata Pangi, pernyataan Akbar yang mendukung Anies bersifat pribadi dan tidak mewakili Golkar secara keseluruhan.

"Saya pikir dukungan Akbar Tanjung masih bersifat sikap pribadi, bukan putusan Partai Golkar," kata pria yang juga berstatus analis politik itu melalui keterangan persnya, Kamis (6/10).

Namun, Airlangga perlu waspada karena Akbar adalah tokoh yang berpengaruh di Golkar.

Pangi menilai peta politik partai berkelir kuning itu sewaktu-waktu bisa berubah menjelang Pilpres 2024.

Hal yang perlu diwaspadai Airlangga adalah adanya kemungkinan elite lainnya di Golkar yang ikut mendukung Anies seusai mendengar pernyataan Akbar.

"Nanti bisa dilihat apakah makin banyak kader, elite penentu di Partai Golkar ramai-ramai deklarasi mengikuti jejak Akbar Tanjung mendukung Anies maju sebagai capres," ujar Pangi.

Pangi Syarwi Chaniago menganalisis sikap Akbar Tanjung mendukung Anies Baswedan Capres 2024. Ketum Golkar Airlangga Hartarto perlu mewaspadai hal ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News