JPNN.com

Akbar Tanjung : Parpol Islam Cukup Dua

Sabtu, 28 Mei 2011 – 06:46 WIB Akbar Tanjung : Parpol Islam Cukup Dua - JPNN.com
JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung terus mempromosikan penyederhanaan partai politik versi partainya. Bahkan, di depan petinggi dan politisi Partai Persatuan Pembangungan, mantan ketua umum Golkar itu juga menyatakan partai politik Islam jumlahnya cukup dua kedepannya.

   

"Saya pikir dua partai berideologi Islam sudah cukup mewakili," ujar Akbar Tanjung, dalam diskusi di kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat (27/5). Dia menyatakan, dua partai Islam itu bisa bersanding dengan empat partai berideologi nasionalis.  

   

"Enam parpol sudah cukup agar sistem presidensial berjalan efektif," kata Akbar, kembali. Dia sangat yakin, bahwa dengan jumlah partai yang sederhana maka pemerintahan akan bisa pula berjalan efektif.

   

Caranya, lanjut dia, tentu tidak dengan cara-cara represif yang pernah diterapkan di awal orde baru dulu. Melainkan, dengan mekanisme dan prosedur demokrasi. "Selain peningkatan angka parliamentary threshold (ambang batas perolehan kursi di parlemen), ada sejumlah jalan lain dalam sistem pemilu yang bisa ditempuh berbarengan," kata mantan ketua DPR tersebut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...