Akhiri Puasa 32 Tahun, Peru Tim Terakhir ke Piala Dunia 2018

Akhiri Puasa 32 Tahun, Peru Tim Terakhir ke Piala Dunia 2018
Striker Peru Jefferson Farfan mencetak gol pertama timnya saat menang atas Selandia Baru. Foto: AFP

jpnn.com, LIMA - Peru menjadi tim terakhir yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018, di Rusia Juni tahun depan. La Blanquirroja, julukan timnas Peru, berhak terbang ke Rusia usai menyingkirkan wakil Oseania, Selandia Baru dalam playoff antarkonfederasi.

Setelah bermain 0-0 di leg pertama, Sabtu (11/11) lalu, Peru yang menjadi tuan rumah di leg kedua, menang 2-0. Pada pertandingan yang digelar di Estadio Nacional de Lima, Lima, Kamis (16/11) pagi WIB, Peru berpesta setelah mendapat gol dari Jefferson Farfan menit ke-28 dan Christian Guillermo Ramos menit ke-65.

Tampil di Piala Dunia 2018 nanti adalah yang pertama buat Peru sejak 32 tahun yang lalu. Ya, dua kali juara Copa America (1939, 1975) ini terakhir tampil di World Cup pada tahun 1982. Setelah itu, Peru gagal lolos kualifikasi untuk Piala Dunia 1986 dan mengakhiri puasa 32 tahun kemudian di Piala Dunia 2018.

Dengan keberhasilan Peru, wakil Conmebol (Amerika Latin) pun bertambah menjadi lima. Selain Peru, Brasil, Argentina, Uruguay dan Kolombia sudah terlebih dahulu memastikan tiket ke Rusia lewat jalur langsung.

Setelah 32 tempat di Piala Dunia 2018 terisi, yang ditunggu adalah drawing. Undian grup Piala Dunia 2018 akan digelar 1 Desember nanti di Moskow. (adk/jpnn)

32 Peserta Piala Dunia 2018:

Tuan rumah putaran final: Rusia
Zona Confederation of African Football (CAF): Mesir, Nigeria, Senegal, Maroko, Tunisia
Zona Asian Football Confederation (AFC): Iran, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Australia
Zona Union of European Football Associations (UEFA): Belgia, Inggris, Prancis, Jerman, Islandia, Polandia, Portugal, Serbia, Spanyol, Swiss, Kroasia, Swedia, Denmark
Zona Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (Concacaf): Kosta Rika, Meksiko, Panama
Zona Confederacion Sudamericana de Futbol (Conmebol): Argentina, Brasil, Kolombia, Uruguay, Peru


Peru melengkapi 32 negara yang akan melakoni Piala Dunia 2018. Ini daftar negara yang lolos ke Rusia.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News