Aksi Bakar Baju di Gedung Kemendagri

Perangkat Desa Tuntut Diangkat jadi PNS

Aksi Bakar Baju di Gedung Kemendagri
Aksi Bakar Baju di Gedung Kemendagri
JAKARTA -- Sekitar 5000-an massa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (13/12). Kali ini, unjuk rasa diwarnai aksi bakar baju safari coklat, khas PNS. Pembakaran baju ini dilakukan sebagai bentuk kejengkelan mereka terhadap pemerintah yang tidak juga mengangkat perangkat desa sebagai PNS.

Aksi anarkis pun terjadi, berupa pengrusakan terhadap kanopi di pintu pagar utama gedung kemendagri. Massa sebagian besar merupakan kepala seksi (kasi), kepala urusan (kaur), dan kepala dusun (kadus).

Massa yang sudah tiba di depan Kemendagri sejak pagi baru ditemui Mendagri Gamawan Fauzi menjelang petang. Pasalnya, Gamawan masih ada agenda di DPR. Ketika delegasi PPDI yang dipimpin Ketua PPDI, Ubaidi Rosyidik dan beberapa perwakilan sedang ditemui Gamawan secaar tertutup, di luar suasana panas. Ada lima titik pembakaran baju seragam, termasuk di depan gedung MA.

Tanda-tanda bakal terjadinya aksi anarkis sudah mulai tampak sejak siang. Sejumlah peserta aski melepas bajunya, menggantung di pagar pintu Kemendagri. Tak pelak, pagar gedeng kementrian yang dipimpin Gamawan Fauzi itu mirip jemuran. Sebagian massa bahkan melemparkan bajunya ke arah dalam pagar.

JAKARTA -- Sekitar 5000-an massa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News