Aktivitas Tambang Gosowong Kembali Normal

Aktivitas Tambang Gosowong Kembali Normal
Aktivitas Tambang Gosowong Kembali Normal. Foto Ilustrasi/JPNN.com

jpnn.com, HALMAHERA UTARA - Aktivitas di Tambang Gosowong yang diperasikan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) sudah berjalan normal. Itu setelah disepakati perundingan antara pihak manajemen NHM dengan Serikat Pekerja yang dimediasi Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

"Saat ini perundingan tripartit masih berlangsung antara manajemen senior PTNHM, Serikat Pekerja yang dimediasi oleh Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Halmahera Utara," kata Yolanda Sumeisey, Communications Specialist NHM dalam keterangan persnya, Jumat (20/10).

Seperti diketahui, sempat terjadi protes dari Serikat Pekerja karena NHM dianggap melakukan pemecatan belasan pekerja lainnya dari pelbagai divisi tanpa alasan dan keterangan resmi.

Lihat: Perusahaan Tambang Asing Pecat Puluhan Pekerja Lokal

Yolanda mengatakan, yang dilakukan NHM saat ini adalah menggiatkan upaya eksplorasi untuk menemukan cadangan baru. Langkah selanjutnya adalah melaksanakan efisiensi di perusahaan, termasuk perampingan jumlah tenaga kerja baik nasional maupun lokal.

Untuk karyawan, NHM memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk sebisa mungkin dipertahankan. Jumlah tenaga kerja asing dikurangi dalam jumlah yang signifikan.

Pada awal 2017 sebanyak 70 karyawan nasional juga dikurangi melalui program pengakhiran hubungan kerja.

Direncanakan pula pengakhiran hubungan kerja kepada 39 karyawan. Dari rencana tersebut, sebagian bisa dipindah ke beberapa departemen.

Aktivitas di Tambang Gosowong yang diperasikan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) sudah berjalan normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News