Akupunktur Efektif untuk Atasi Obesitas?

Akupunktur Efektif untuk Atasi Obesitas?
Penderita obesitas. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - Saat seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, solusi yang paling umum dilakukan adalah diet dan olahraga. Cara tersebut memang tidak memberikan hasil instan alias butuh kesabaran. Tak jarang, karena kurang sabar, alternatif lain pun dipilih untuk lebih mempercepat hasil yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan melakukan akupunktur.

Akupunktur merupakan teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang semakin mendapatkan tempat dalam dunia kedokteran barat. Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, teknik pengobatan tersebut melibatkan penusukan jarum yang tipis ke dalam kulit di berbagai titik strategis.

Dalam sekali prosedur, pengobatan akupunktur bisa menggunakan 5-20 jarum, dan biasanya digunakan untuk mengatasi sakit kepala, nyeri pinggang, osteoartritis, dan beragam penyakit lainnya. Akan tetapi, seiring perkembangan waktu, akupunktur juga kerap digunakan untuk membantu mengatasi kelebihan berat badan atau obesitas. 

Dilansir dari Healthline, akupunktur dipercaya bisa merangsang aliran energi tubuh (chi) untuk mengatasi obesitas dengan cara meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, menurunkan kadar stres, dan menekan atau memengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan rasa lapar.

Menurut ilmu pengobatan tradisional Cina, kegemukan terjadi akibat adanya “ketidakseimbangan” di dalam tubuh yang dipicu oleh ketidakmampuan organ, seperti hati, limpa, ginjal, kelenjar tiroid, dan sistem endokrin. Nah, ketika jarum akupunktur ditusukkan di titik-titik organ tersebut, kemungkinan besar masalah kelebihan berat badan atau obesitas juga ikut teratasi.

Di sisi lain, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter berpendapat, bila akupuntur diaplikasikan secara tepat, hal tersebut memang mampu mengatur suatu sistem di dalam tubuh untuk lebih menekan nafsu makan.

“Iya, jadi akupunktur bisa mengontrol nafsu makan. Dia (pasien akupunktur) jadi tidak mudah lapar dan keinginannya untuk mengonsumsi camilan juga berkurang. Tetapi akupunktur berperan sebagai pengendalian saja, bukan untuk menghilangkan lemaknya,” jelas dr. Vita.

Itu artinya, bila Anda memang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, cara yang paling tepat untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan berolahraga secara teratur dan melakukan metode diet yang tepat. Sementara itu, untuk mengatur nafsu makan, akupunktur bisa dijadikan solusinya.

Akupunktur merupakan teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang semakin mendapatkan tempat dalam dunia kedokteran barat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News